Berburu Golden Sunrise di bukit Sikunir adalah list teratas yang saya dan istri lakukan saat berwisata ke Dataran tinggi Dieng. Bukit ini merupakan salah satu tempat terbaik di Asia Tenggara untuk menyaksikan golden sunrise, fenomena matahari terbit yang memancarkan cahaya keemasan yang indah.

Golden Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Pesona Golden Sunrise yang Tak Terlupakan

Bayangkan Anda bangun sebelum fajar menyingsing, udara dingin menusuk kulit, dan kabut tipis menyelimuti. Saat pertama kali menginjakkan kaki di puncak Sikunir, Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Langit perlahan berubah warna, dari biru tua menjadi jingga kemerahan, pertanda sang mentari akan segera muncul.

Seiring terbitnya matahari, kabut perlahan menipis, memperlihatkan panorama alam yang menakjubkan. Pemandangan tujuh gunung yang menjulang tinggi, yaitu Prau, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Slamet, Merapi, dan Lawu, akan memanjakan mata Anda. Cahaya keemasan matahari menyinari puncak-puncak gunung tersebut, menciptakan lukisan alam yang tiada duanya.

Bukit Sikunir bukan hanya menawarkan keindahan sunrise yang luar biasa. Di sini, Anda juga dapat merasakan ketenangan dan kedamaian alam. Suara gemerisik angin dan kicauan burung menjadi alunan musik alam yang menenangkan jiwa. Jangan lupakan juga warganya yang ramah dan hangat menyambut para pengunjung.

Perjuangan Memburu Golden Sunrise

Perlu anda ketahui bahwa untuk dapat menikmati golden sunrise di bukit sikunir anda mesti datang pagi-pagi buta, bahkan ada yang mulai naik bukit sejak pukul 3 pagi. Mengetahui fakta tersebut, saya dan istri memilih untuk menginap di lokasi yang dekat dengan bukit sikunir. Kami memilih menginap di Embun Pagi Homestay, lokasinya persis menghadap gerbang masuk wisata bukit Sikunir. Selain dekat dengan bukit Sikunir, Embun Pagi memiliki Rooftop yang menghadap telaga Cebongan dan Bukit Sikunir, tentu saja memberikan pemandangan yang indah untuk dinikmati.

Rooftop Embun Pagi Homestay

Menginap di sekitaran bukit Sikunir bukan sesuatu yang mudah. Saat kami datang, lantainya serasa es yang mencair, sangat dingin. Begitu juga dindingnya terasa dingin. Untungnya kamar mandi dilengkapi heater, sehingga tidak dingin-dingin amat. Sekedar informasi, saat subuh, suhu di sini mencapai 14 Derajat celcius.

Perjalanan berburu golden sunrise bukit Sikunir kami mulai setelah salat Subuh di homestay. Lanjut naik motor ke parkiran bukit Sikunir, kira-kira berjarak 1 kilometer dengan jalanan naik turun melawati telaga Cebongan. Setelah parkiran kami melewati perkampungan terakhir sebelum menaiki track bukit Sikunir. Sisi kanan dan kiri perkampungan ini banyak warga yang berjualan makanan, minuman, oleh-oleh, dan peralatan mendaki seperti topi, syal, sarung tangan, dan lain-lain.

Melawati Perkampungan, maka kita akan sampai ke track naik bukit Sikunir. Tracknya sendiri sudah jalur berbatu dan dilengkapi lampu penerangan. Bukan track yang sulit, pemula juga dapat melewati track ini, namun perlu stamina juga untuk menaklukannya. Puncak bukit Sikunir sendiri memiliki 3 pos. Dari kaki bukit sampai pos pertama, saya dan istri butuh waktu 30 sd 40 menitan untuk sampai. Sayangnya fisik salah satu dari kami tidak cukup kuat untuk mendaki lagi ke pos selanjutnya. Sehingga cukup menikmati golden sunrise di pos pertama bukit Sikunir.

Tips Menikmati Golden Sunrise Bukit Sikunir

  • Waktu Terbaik: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Sikunir adalah musim kemarau, yaitu antara bulan Juni hingga September. Pada saat itu, cuaca cerah dan kabut tipis, sehingga Anda dapat melihat pemandangan sunrise dengan jelas.
  • Gunakan Pakaian Hangat: Udara di Dieng cukup dingin, terutama di pagi hari. Pastikan Anda menggunakan pakaian hangat seperti jaket dan topi. Saya menggunakan 2 baju dan 1 sweater serta dua lapis sarung tangan untuk menghalau udara dingin saat naik ke bukit ini.
  • Membawa Minuman: Jangan lupa membawa minuman secukupnya saat naik ke bukit Sikunir. Minum air putih dapat mencegah anda kena dehidrasi.
  • Siapkan Kamera: Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah sunrise di Bukit Sikunir.
  • Jaga Kebersihan: Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Bukit Sikunir. Bawalah kembali sampah Anda dan buanglah pada tempatnya.
  • Membawa Uang Tunai: Pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya karena tidak ada ATM di sekitar Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir Dieng adalah salah satu harta karun wisata alam Indonesia yang patut untuk dikunjungi. Golden sunrise di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan akan selalu membekas di hati Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *