Melanjutkan tulisan lalu tentang  lalu tentang Kenapa Tidak Pakai Blog Buat Jualan? Tulisan kali ini akan membocorkan pengalaman saya menggunakan blog untuk jualan.
Pada awalnya saya membuat blog sebagai
catatan atau diary online dari hal-hal apa saja yang ingin saya tulis,
blog pertama saya adalah penayunus.wordpress.com.
Sampai akhirnya saya sadar bahwa internet menawarkan sensasi pemasaran
yang tak kalah spektakuler dari media tradisional seperti koran,
majalah, televisi dan sebagainya. Anda dapat tengok kembali tulisan
sebelumnya Kenapa Tidak Pakai Blog Buat Jualan?
Saya memilih menggunakan blog untuk
jualan. Blog yang benar-benar saya kelola untuk jualan pada awalnya
adalah nurbarokahternak.blogspot.com. setelah berhasil menrik pelanggan
baru dan dirasa perlu yang lebih representative kemudian dipindahkan ke
nusfeed.id. Lantas apa fungsi dari blog nurbarokahternak.blogspot.com
serta satu saluran Youtube bagi promosi online ini? Karena kalian kepo,
dengan terpaksa saya bongkar juga rahasianya.
  1. Pengumpan pengunjung ke Blog jualan.
Yup fungsi pertama blog lain dan saluran youtube adalah sebagai pengumpan agar pengunjung mampir ke nusfeed.id. Ada link- link perujuk ke nusfeed.id yang ditempatkan di blog maupun di youtube. di blog Idejuragan
saya menulis tentang cara belanja di situs nusfeed.id misalnya, selain
link di beberapa artikel, ada juga baner promosi yang ditempatkan di
sidebar blog.
  1. Menaruh Backlink kata kunci
Booming internet membuat pergesaran
dalam kelakuan manusia dewasa ini, khususnya kelakuan dalam mencari
informasi termasuk mencari barang kebutuhan dan jasa, sekarang dengan
adanya internet membuat sebagian besar kita mempercayakan hasil
pencarian informasi lewat dukun moderen bernama mbah Google. Postingan
yang muncul di halaman pertama memiliki kemungkinan besar untuk
dikunjungi calon pembeli.
Masalahnya tidak semudah membalikan
telapak tangan agar suatu postingan dapat bertengger di halaman awal
hasil pencarian google. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka
anda butuh backlink. Backlink adalah tautan yang menuju ke suatu situs
web yang berasal dari referensi atau rekomendasi dari situs web lain.
Singkatnya, backlink adalah tautan yang menuju situs web. Saya
menggunakan blog dan youtube untuk menaruh backlink.
Format Promosi Online
Ada beberapa format promosi online yang
dapat digunakan untuk menawarkan barang dan jasa yang dijual. Saya
sendiri menggunakan tiga format, yaitu tulisan, gambar, dan video. Di
blog ke tiga format ini bisa disatukan dalam satu postingan.
Format Deskripsi Penggunaan
Tulisan Tulisan sudah biasa digunakan untuk promosi. Salah satu
teknik terkenal adalah copywriting. Saya menggunakan tulisan untuk
menjelaskan deskripsi produk, tips dan trik, dan informasi pendukung
lainnya.
Gambar Gambar juga format yang sudah jamak digunakan untuk
promosi. Saya menggunakan gambar sebagai pendukung tulisan dalam
postingan blog. Gambar yang digunakan bisa berformat JPG yang statis
atau gif yang dinamis. Pada sidebar blog nurbarokahternak.blogspot.com
yang digunakan adalah gambar dinamis berformat gif.
Video Video biasa digunakan oleh perusahaan untuk iklan di tv. Belakangan
marak juga pelaku usaha yang memanfaatkan video untuk  promosi online.
Berkat kemajuan zaman, video juga dapat digubakan oleh pelaku usaha
kelas ukm sekalipun untuk membuat video promosi.

Penting untuk diingat bahwa sebainya tulisan yang dipublikasikan
bukan copy paste. Usahakan tulisan sendiri, kalau terpaksa mengutip
jangan lupakan menyertakan sumbernya. Untuk gambar juga usahakan bukan
ambil dari internet, sebaiknya gambar hasil jepretan sendiri. Belajarlah
menulis dan memotret produk.

Akhirnya usai juga cerita tentang blog
yang saya kelola. Dari sekedar diary online menjadi media promosi yang
cukup ampuh memperluas pasar. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *