Tahukah kamu jika tidak semua tanaman yang daunnya mirip sirih sudah pasti masuk ke Suku Sirih-sirihan atau Piperaceae. Jika anda melihat tanaman yang daunnya mirip sirih, tapi diujung dan d ketiak daun-daun ada bunga-bunga putih berwarna merah. Tanaman tersebut bukanlah tanaman sirih. 

Nama tanaman ini adalah Nona Makan Sirih (Clerodendrum thomsoniae) adalah sejenis tanaman hias merambat anggota suku Lamiaceae. Kenapa disebut Nona makan sirih? Ini karena bentuk daun yang mirip sirih dan warna bunganya merah seperti warna yang dihasilkan  jika mengunyah daun sirih.

Tumbuhan ini adalah liana lemah yang dapat mencapai panjang 4 meter. Asalnya dari Afrika barat tropis, terbentang dari Kamerun barat hingga Senegal, namun kini tersebar di seluruh penjuru dunia karena populer sebagai tanaman hias penaung.

Bentuk kelopak putihnya mirip hati yang di ujungnya ada warna merahnya, seperti berdarah. Bunganya yang berwarna putih juga terlihat seperti kantong. Kelopak bunga ini tidak hanya berwarna putih. Ada juga yang berwarna merah muda dan ungu.

Bunga-bunga kecil ini bergerombol di ujung ranting atau ketiak daun dan berbunga sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Bunganya disukai hewan polinator seperti kupu-kupu dan lebah.

Bunga ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti: Menurunkan panas, Mengatasi asma, Mengatasi radang tenggorokan, Obat luka bakar ringan, Baik untuk pernafasan, Baik untuk mata, Mengatasi radang kronis selaput gendang telinga pada anak-anak.

Tanaman Nona Makan Sirih dapat diperbanyak dengan cara stek atau lewat bijinya. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan stek karena dianggap lebih cepat tumbuh jika dibandingkan dengan biji.
Nona makan sirih dapat ditanam di pot atau di tanah, menyukai lokasi yang sedikit terlindung atau terkena matahari penuh untuk berbunga bagus. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut.

#TanamanHias
#TanamanHerbal
#TanamanObat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *