Sepeda balance bike atau push bike adalah sepeda tanpa pedal yang dirancang khusus untuk anak-anak. Sepeda ini memiliki dua roda, stang, dan sadel, tetapi tidak memiliki pedal atau rantai. Tujuan dari sepeda balance bike adalah untuk melatih keseimbangan anak. 

Sepeda balance bike cocok untuk anak-anak usia 2-5 tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah mulai bisa berjalan dan berlari dengan lancar. Sepeda balance bike dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar, seperti keseimbangan, koordinasi, dan kendali tubuh.

Manfaat Sepeda Balance Bike

Sepeda balance bike memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, antara lain:

  • Melatih keseimbangan
  • Meningkatkan koordinasi
  • Meningkatkan kendali tubuh
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Mempercepat proses belajar sepeda

Cara Memilih Sepeda Balance Bike

Saat memilih sepeda balance bike, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Ukuran Pilihlah sepeda balance bike dengan ukuran yang sesuai dengan tinggi dan berat badan anak.
  • Kualitas Pastikan sepeda balance bike terbuat dari bahan yang berkualitas dan aman untuk anak-anak.
  • Fitur Pilihlah sepeda balance bike dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan anak. Beberapa fitur yang umum ditemukan pada sepeda balance bike antara lain:
    • Kursi yang bisa disesuaikan
    • Roda yang bisa dibongkar pasang

Model sepeda Balance Bike

Berikut adalah dua model sepeda balance bike yang dijual di pasaran:

Balance bike roda 2

Balance bike roda 2 merupakan model yang paling banyak dijual. Memiliki kelebihan untuk mengurangi risiko jatuh. Ketiadaan pedal dan kecepatan yang lebih lambat membuat balance bike roda 2 lebih aman bagi anak-anak yang sedang belajar. Risiko jatuh dan cedera berkurang dibandingkan dengan belajar menggunakan sepeda pedal langsung.

kelebihan lainnya adalah ringan dan mudah dibawa. Balance bike roda 2 biasanya lebih ringan dan lebih mudah dibawa dibandingkan dengan sepeda anak pada umumnya. Hal ini memudahkan orang tua untuk membawa anak bermain di taman atau tempat lain.

Balance bike roda 4

Kelebihan balance bike roda 4 adalah roda tambahan di bagian belakang memberikan stabilitas ekstra sehingga anak Anda dapat fokus belajar keseimbangan dan koordinasi tanpa khawatir terjatuh. Setelah terbiasa dengan balance bike roda 4, anak Anda dapat dengan mudah beralih ke sepeda biasa tanpa pedal karena mereka sudah menguasai keseimbangan dan koordinasi. Ini menghilangkan ketakutan pada anak dan membuat proses belajar mengayuh sepeda lebih lancar. Kurang Cocok untuk Bermain di Luar Ruangan, karena memiliki 4 roda, balance bike roda 4 mungkin kurang bisa mengatasi medan yang tidak rata.

Daftar Harga sepeda Balance bike 

Berdasarkan hasil pencarian saya di Tokopedia pada tanggal 8 Januari 2024, harga sepeda balance bike di Tokopedia berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Harga sepeda balance bike dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti merek, bahan, fitur, dan ukuran.

Berikut adalah daftar sepeda balance bike yang telah kami susun dari termurah hingga termahal.

PeringkatMerekModelHarga
1ExoticBalance Push Bike Exotic ET 2008Rp 120.000
2Happy babyBalance BikeRp 150.000
3 LabeilleKC 115 Balance Bike Inui Mini BikeRp 248.000
4SpeedsTaxi Balance Bike 071-10Rp 350.000
5ScooraZenoz Balance Bike Rp 499.000
6UnitedPB 02 Balance BikeRp 600.000
7PolygonFLINT Push BikeRp 1.500.000
8StriderBalance Bike 12 ProRp 2.500.000

Dengan melatih anak menggunakan sepeda balance bike sejak dini, anak akan lebih cepat belajar sepeda dan menikmati aktivitas bersepeda.

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *