Model pemasaran tradisional seperti AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) mulai bergeser ke model yang lebih relevan dengan perilaku konsumen digital, yaitu AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Masifnya penggunaan internet  melahirkan era digital, hal ini menyebabkan perilaku konsumen telah mengalami perubahan yang signifikan. Model AIDA lebih bermain pada sikap pasif konsumen, sedangkan pada model AISAS prilaku konsumen lebih aktif. Ada dua perilaku konsumen yang unik yaitu, mengumpulkan dan berbagi informasi dimana sudah menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian.

(The Dentsu Way, 2011)

Model AISAS secara populer dikenalkan dalam. Buku The Densus Way. Dentsu menciptakan model AISAS pada tahun 2004 dan mendaftarkannya di Jepang sebagai merek dagang pada tahun 2005. Dentsu menggunakan model AISAS sebagai dasar untuk banyak campaign. AISAS merupakan model yang menggambarkan perjalanan konsumen dalam era digital, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir, dengan penekanan pada peran teknologi dan internet. Model ini sangat penting bagi para pemasar untuk memahami dan merespons perilaku konsumen yang semakin kompleks.

Tahapan-Tahapan AISAS

Berikut adalah penjelasan mengenai tahapan-tahapan dalam model AISAS:

Attention (Perhatian):

Tahap ini merupakan langkah awal untuk menarik perhatian konsumen, di mana konsumen menyadari keberadaan suatu produk atau merek. Dalam era digital, perhatian dapat ditarik melalui berbagai cara, seperti iklan online, konten media sosial, atau ulasan dari influencer.

Interest (Minat):

Setelah menarik perhatian, langkah selanjutnya adalah membangkitkan minat konsumen terhadap produk atau merek. Konten yang relevan, informatif, dan menarik sangat penting dalam tahap ini.

Search (Pencarian):

Di era digital, konsumen cenderung mencari informasi lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli. Mereka akan mencari ulasan, perbandingan harga, atau informasi detail lainnya melalui mesin pencari atau platform online lainnya. 

Perilaku search ini yang membedakan antara era digital dengan sebelum era digital. Dahulu sumber informasi terbatas, sedangkan saat ini informasi mengenai merek atau produk dapat dengan mudah dicari dari genggaman tangan.  

Action (Tindakan):

Tahap ini adalah saat konsumen melakukan tindakan nyata, seperti membeli produk, berlangganan layanan (Seperti streming musik, streaming video Netflix dll), atau mendaftar keanggotaan.

Share (Berbagi):

Setelah melakukan tindakan, konsumen sering kali berbagi pengalaman mereka dengan orang lain melalui media sosial, ulasan online, atau rekomendasi langsung. Tahap ini sangat penting dalam membangun citra merek dan menarik konsumen baru. 

Perilaku share ini juga yang membedakan antara era digital dengan sebelum era digital. Dahulu konsumen hanya berhenti di Action (membeli produk atau jasa), namun sekarang konsumen bebas memberikan penilaian produk yang telah mereka beli ke berbagai platform, termasuk di toko online tempat mereka membeli produk atau jasa. Usalan (review) konsumen ini dapat mempengaruhi calon pembeli lain. Usalah dari konsumen ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Ulasan positif akan memberikan keuntungan bagi produk atau merek yang ditawarkan, sedangkan ulasan negatif akan memberikan kerugian bagi produk atau merek yang ditawarkan.

Contoh Kasus Penerapan AISAS

Berikut adalah contoh kasus penerapan model AISAS dalam pemasaran digital. Kasus yang dijadikan contoh adalah Perusahaan NYUNGSANG ingin meluncurkan Produk Smartphone baru yang bernama PLANET Series 1

Attention: Perusahaan NYUNGSANG meluncurkan iklan video smartphone PLANET Series 1 yang menarik di YouTube dan Instagram untuk menarik perhatian konsumen.

Interest: Perusahaan NYUNGSANG membuat konten yang informatif dan menarik tentang fitur-fitur unggulan smartphone PLANET Series 1 di situs web dan media sosial mereka.

Search: Konsumen mencari ulasan dan perbandingan harga smartphone PLANET Series 1 keluaran Perusahaan NYUNGSANG di Google dan platform e-commerce.

Action: Konsumen memutuskan untuk membeli smartphone PLANET Series 1 keluaran Perusahaan NYUNGSANG melalui toko online atau toko fisik.

Share: Konsumen berbagi pengalaman mereka menggunakan smartphone baru PLANET Series 1 keluaran Perusahaan NYUNGSANG di media sosial dan memberikan ulasan positif di platform e-commerce.

Kesimpulan

Model AISAS merupakan kerangka kerja yang efektif untuk memahami perilaku konsumen di era digital. Dengan memahami setiap tahapan dalam model ini, para pemasar dapat merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif untuk menjangkau calon konsumen. 

Categories: Marketing