Sabtu tanggal 28 November 2020 lalu saya mangikuti pelatihan online yang diselenggarakan oleh Gapura Digital, salah satu lembaga pelatihan dari Google Indonesia. Mengambil tema “PERLUAS KEHADIRAN ONLINE ANDA DENGAN STRATEGI BISNIS YANG TEPAT”

Kali ini saya membagikan resume biar kita lebih paham tentang Strategi Bisnis Online

Bisnis online dapat memperbesar peluang bisnis Anda dengan jangkauan yang luas. Namun untuk memulai, penting untuk mengetahui dimana dan apa saja yang dilakukan calon pelanggan Anda

4 Tahapan Konsumen dalam Berbelanja Online

1. Lihat

Tahap pertama adalah lihat, hal penting dari tahapan ini adalah ketika orang lain menjadi terinspirasi untuk memulai karena melihat lingkungan sekitar, atau lingkungan online sekitar mereka.

2. Pikir

Pada tahap ‘Pikir’, Anda mulai mencari informasi ‘sepatu lari terbaik untuk pemula’. Konten-konten online, seperti artikel blog atau iklan bertarget, memberi lebih banyak informasi sebagai dasar keputusan Anda dalam membeli

3. Lakukan

Pada tahap ‘lakukan’, Anda melakukan aktivitas pembelian berdasarkan informasi yang telah Anda kumpulkan

4. Peduli

Setelah membeli sepatu yang Anda inginkan, Anda ingin berbagi pengalaman Anda di sosial media, atau mendaftar menjadi anggota produk sepatu tersebut. Hal-hal yang dilakukan pasca-pembelian ini adalah bagian dari tahap ‘Peduli‘.

Setiap konsumen dapat memiliki tahapan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen, seperti rekomendasi teman, promo diskon, dll. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk hadir pada setiap tahapan konsumen tersebut.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran efektif untuk kemajuan bisnis online

– Riset

Lakukan riset tren pasar untuk segmentasi pasar yang tepat

– Gaungkan

Gaungkan produk usaha atau bisnis agar mudah diingat dan menarik perhatian

– Online

Manfaatkan media sosial dan platform website dan optimalkan dengan SEO

– Promosi

Buat penawaran menarik (free trial, diskon beli 1 gratis 1, dll.)

– Relasi

Jaga relasi dan hubungan baik dengan pelanggan Anda

Gunakan Kata Kunci yang Tepat pada Media Online Anda

Kata kunci pada media online Anda dapat memperbesar kemungkinan ditemukan oleh calon konsumen Anda. Beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk mencari istilah atau kata kunci Anda:

● Cari hasil teratas di mesin pencari untuk produk atau layanan Anda.

● Cari apa saja kata kunci yang muncul di situs web.

●Apa pesan/tagar (hashtag/#) yang digunakan di media sosial.

Bagaimana Membuat Website Anda Muncul di Mesin Pencari?

1. Search Engine Optimization (SEO):

SEO adalah proses untuk mengoptimalkan situs web Anda supaya tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Tentunya anda ingin website anda tampil dihalaman pertama bahkan di posisi paling atas mesin pencari Google.

2. Search Engine Marketing (SEM):

Anda dapat memasang iklan pada mesin pencari sehingga website Anda dapat muncul pada hasil pencarian berbayar


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *