Tangerang, Idola 92.6 FM – Salah satu destinasi wisata edukasi di Kabupaten Tangerang adalah Taman Kupu-kupu Sukardi. Taman Kupu-kupu Sukardi merupakan taman penangkaran kupu-kupu yang terbuka untuk umum sebagai tempat ekowisata.

Pada tahun 2022 lalu, taman kupu-kupu yang berada di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang ini dikunjungi oleh 1.248 orang.

Menurut Ahmad Yunus, Inisiator Taman Kupu-Kupu Sukardi, satu di antara tujuan membuat taman kupu-kupu Sukardi untuk memperkenalkan dan menkonservasikan kupu-kupu kepada Masyarakat luas. Pengunjung mendapat fasilatas untuk langsung bersentuhan baik dengan ulat, atau dengan kupu-kupu.”Mereka bisa meletakkan ulat ke toples, dan melepaskan kupu-kupu juga. Bisa di dalam dan juga di luar,”tutur Yunus kepada radio Idola, pagi (24/07) tadi.

Anak-anak sedang bermain di Taman Kupu-Kupu Sukardi di Tangerang. (Dok Yunus)

Untuk membiayai taman kupu-kupu, Yunus merogoh uang pribadinya.” Pembiayaan dari pribadi, saya pedagang pakan ternak, dan material,”ungkap Yunus yang berharap agar lahan taman kupu-kupunya lebih luas lagi.

Atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan kupu-kupu, Ahmad Yunus terpilih sebagai nominator Program #PejuangIklimInspirasiku yang diselenggarakan oleh pejuangiklim.id bekerjasama dengan Tempo Institute dan Yayasan Madani Berkelanjutan pada Maret 2022. Masih di tahun yang sama, Ahmad Yunus meraih pemenang Tingkat Provinsi di 13th SATU Indonesia Awards 2022 katagori Lingkungan.

Salah satu pengunjung bersama kupu-kupu di Taman Kupu-Kupu Sukardi. (Dok Yunus)

Selengkapnya, mengenal Taman Kupu-kupu Sukardi, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ahmad Yunus, Inisiator Taman Kupu-Kupu Sukardi. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: https://www.radioidola.com/2023/mengenal-taman-kupu-kupu-sukardi-di-tangerang/

Kategori: Wisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *