Minggu ke 2 di bulan Desember ini, saya melakukan uji coba membuat gantungan kunci epoxy resin. Resin sendiri dipilih karena memiliki berbagai kelebihan untuk cinderamata. Resin ini mempunyai sifat mudah mengeras dan memiliki bobot yang begitu ringan sehingga menjadikannya bahan yang amat disukai banyak orang untuk membuat beragam benda. Resin diketahui banyak dijadikan berbagai macam kerajinan tangan yang pada nantinya memiliki nilai seni dan juga seni.
Pada gantungan kunci ini saya menggunakan stiker kupu-kupu ukuran kecil sebagai bahan utama. Resin yang digunakan berjenis UPR. Saya juga menggunakan serbuk gerjaji yang sudah diayak halus sebagai material tambahan. Untuk proses pembuatannya bisa dilihat pada video di bawah ini:

Hasil pembuatan resin ini cukup memuaskan hasil cetaknya, meski harus difinishing lagi dengan amplas. Yah namanya juga percobaan pertama, jadi ada beberapa hal yang menjadi catatan untuk perbaikan ke depannya. 
Gantungan kunci resin adalah pengembangan untuk cinderamata di Taman Kupu-kupu Sukardi. Setelah ada tampelan magnet. Tentu juga cindera mata yang lain akan kami luncurkan di tahun 2023.
Rencananya pada tahun 2023, pembuatan gantungan kunci kupu-kupu akan dimasukan ke itenary study tour di Taman kupu-kupu Sukardi. Jadi sebelum belajar mengenai metamorfosis dan perikehidupan kupu-kupu, anak-anak sekolah akan membuat gantungan kunci dari resin. Nanti gantungan kunci ini boleh dibawa pulang sebagai cinderamata.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *