Ada satu peralatan yang saya butuh kan dalam usaha pengolahan limbah sabut kelapa yaitu gerobak. Gerobak ini digunakan sebagai alat pengangkut limbah sabut kelapa dari para pelaku usaha kelapa parut. Gerobak ini muatnya lebih banyak dibandingkan dengan hanya menggunakan gendakan di motor. Gerobak ini nantinya ditarik menggunakan sepeda motor.

Gerobak ini rangkanya terbuat dari plat besi. Dimensi gerobaknya memiliki panjang 150 cm, dengan lebar 60 cm, dan tinggi 50 cm. Saya meminta kepada salah satu kerabat saya yang memiliki usaha pengelasan yaitu Mang Ikin alias Sodikin. Besinya kita beli sendiri dari toko besi tidak jauh dari tempat kami tinggal. Pembuatan rangka untuk gerobak angkut ini sendiri tidaklah, lama terhitung cepat untuk diselesaikan.

Pekerjaan membuat gerobak angkut ini menjadi lama karena masalah di bannya. Ban yang hendak kami gunakan adalah ban seperti ban becak.  Sayangnya ban sejenis ini tidak ada di toko-toko sepeda di sekitar kami. Jadi kami harus berburu ban bekas ke berbagai tempat. Selain itu ternyata harganya juga tidaklah murah. Total butuh waktu satu mingguan dari pembuatan rangka sampai dipasang bannya. 

Gerobak yang sudah setengah jadi ini belum bisa digunakan karena bagian bawah dan Sisinya akan kami tambahkan pembatas dari bambu. Material bambu dipilih dan digunakan karena stoknya banyak di rumah. Lagi pula kami berpikiran bahwa sabut kelapa itu tidaklah berat-berat amat jadi menggunakan bambu cukup kuat untuk menahannya.

Kapasitas gerobak ini dapat menampung sabut kelapa sebanyak 12 karung ukuran 50 kilo. Gerobak ini digunakan untuk mengangkut sabut kelapa dari pasar Sepatan. Untuk saat ini hanya sekali balik dulu. Sambil menunggu mesin datang. Hitung-hitung menabung bahan sabut kelapa.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *