Setiap orang pasti pernah terlibat dalam kepanitiaan suatu event atau acara, baik acara keluarga, sekolah, kantor atau event-event lain. Salah satu hal yang menjadi momok cukup menakutkan akan kerberlangsungan event yang sudah jauh-jauh hari sudah direncanakan adalah masalah dana yang belum cukup dari anggaran. Anggaran kurang atau boncos bisa gagal event.

Nah, buat kamu yang punya aganda event ke depan, namun dana yang terkumpul masih jauh dari rencana anggaran, sangat cocok baca artikel ini. Ada tips menarik nih dari Sofie Beatrix, orang yang berpengalaman sebagai event organizer (EO). Sofie berbagi tips menarik untuk dilakukan jika pemasukan menjelang event tidak sesuai rencana anggaran. Ke-4 tipsnya ini dituliskan dalam bukunya yang berjudul I Love Organize Terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Berikut 4 hal yang bisa kamu lakukan agar event kamu masih bisa berlangsung:

  1. Mencari   alternatif   ide   pemasukan  lain, misalnya dengan menambah  sponsor kecil,  barter produk,  donatur, dll.
  2. Menggenjot  kerja. Biasanya  menggenjot kerja  dengan pemberian fee  tambahan  untuk marketing  membuat  jaringan  rekan baru.
  3. Memperkecil  pengeluaran  dengan penghematan, perubahan format namun  yang tidak terikat ketentuan dengan sponsor atau mengubah inti acara. 
  4. Menjadwalkan ulang pembayaran. Contoh bila kita telah membuat janji untuk  pelunasan saat hari H, kita bisa  melobi agar pembayaran  dilakukan di akhir bulan. Lalu siapa  yang  melakukan lobi? Biasanya tim keuangan yang melakukannya.

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi pemasukan. Menyelamatkan acaramu bisa tetap terlaksana meski harus merubah format acara atau sampai melobi pembayaran ke vendor. Good luck! 

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *